Senin, 11 April 2016

PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA



            Makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan, perbedaan jenis makanan pada hewan menyebabkan ada penggolongan hewan, berdasarkan jenis makanannya hewan digolongkan menjadi hewan pemakan tumbuhan (Herbivora), hewan pemakan daging (Karnivora) dan hewan pemakan tumbuhan dan daging/segala (Omnivora)
PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA.
1.    HEWAN PEMAKAN TUMBUHAN (HERBIVORA)
Hewan pemakan tumbuhan biasanya mempunyai gigi geraham yang kuat untuk mengunyah makanan dan gigi seri untuk merobek dedaunan
Contoh: kerbau, sapi,kambing, kuda, kelinci, jerapah,gajah
Burung yang tergolong herbivora yaitu burung pipit yang makan biji-bijian dan burung kolibri yang menghisap nektar sari bunga (kedua jenis burung tersebut memiliki bentuk paruh yang berbeda)
Diantara hewan herbivora ada yang termasuk hewan memamak biak karena makanan yang sudah masuk ke perut dikeluarkan lagi kemudian dikunyah lagi sampai halus lalu ditelan kembali (panjang ya jalannya hehe...)

2.    HEWAN PEMAKAN DAGING (KARNIVORA)
Hewan pemakan daging biasanya mempunyai gigi taring kuat dan runcing yang berfungsi untuk mencabik-cabik mangsanya, mempunyai kuku panjang dan runcing berfungsi untuk menerkam mangsa dan memiliki kemampuan lari/berenang yang cepat untuk mengejar mangsa. Contoh: anjing, harimau, buaya, dan serigala.
Burung yang tergolong karnivora, biasanya memiliki cakar yang kuat dan tajam, paruh melengkung dan tajam, penglihatan tajam yaitu: elang
Hewan laut: anjing laut, singa laut, ikan hiu dan paus
Hewan insektivor termasuk hewan karnivora karena memakan serangga. contoh :  trenggiling, beberapa jenis burung, katak, tokek dan cecak.

Selain hewan ada juga tumbuhan karnivor karena pemakan serangga contoh: kantung semar.

3.    HEWAN PEMAKAN DAGING DAN TUMBUHAN (OMNIVORA)
Hewan omnivora biasanya disebut sebagai hewan pemakan segala contoh:tikus, ayam, beruang, babi, rakun, tupai, sigung, Bajing  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar