Sabtu, 02 April 2016

MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KECANTIKAN

Banyak cara seseorang ingin tampil cantik, mulai dari melakukan perawatan sederhana sampai perawatan ektrim dan terbilang berbahya seperti operasi pelastik, tato kosmetik dan suntikan stem cells yaitu dengan mengambil sel hidup dari bagian tubuh lain dengan cara liposuction untuk kemudian ‘ditanam’  dengan tujuan untuk membentuk sel baru, cara ini sangat berbahaya. Seperti contoh kejadian seorang wanita yang tumbuh tulang di kelopak matanya setelah disuntik stem cells.
Mengingat efek samping yang ditimbulkan oleh perawatan kecantikan tersebut ada baiknya kita melirik kembali perawatan alami yang sering digunakan oleh perempuan-perempuan jaman dulu dan terbukti khasiatnya yaitu perawatan dengan minyak Zaitun. Bermula ketika seorang ratu Mesir menggunakan minyak tersebut setiap sehabis mandi. Ratu yang diketahui bernama Cleopatra tersebut menggunakan zaitun setelah mandi dengan air mawar dan susu.
Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Senyawa kimia yang tersimpan dalam minyak zaitun misalnya triasilgliserol yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat) dengaan kadar sekitar 55 - 83 persen dari total asam lemak membuat tubuh teroksidasi lebih sedikit dibandingkan omega-6 dan omega-3 oleh karena itu minyak Zaitu sangat baik untuk tubuh.  

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan
Minyak zaitun mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh, kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti, mineral alami, magnesium, fosfor, kalium, dan salah satunya adalah Vitamin E yang berfungsi untuk kesehatan maupun kecantikan Berikut ini khasiat minyak zaitun bagi kecantikan:

- Mampu menjaga kekencangan kulit dan mencegah keriput
- Membuat kulit nampak lebih cerah secara alami
- Menutrisi sampai ke bagian terdalam dari kulit
- Mencerahkan kulit wajah secara alami
- Melindungi kulit dari pancaran sinar UVA/UVB
- Mengatasi flek hitam bekas jerawat di wajah
- Mencegah radikal bebas penyebab kanker kulit
- Menghaluskan kulit secara alami
- Menjaga kelembaban kulit wajah, dan masih banyak lagi.


Merawat kulit dengan Minyak Zaitun

Kulit adalah bagian tubuh yang memiliki risiko tertinggi mengalami kerusakan akibat terpaan matahari, bakteri dan unsur lain yang bisa membuat  kulit kering, kusam, berjerawat dan keriput.  Untuk mencegah masalah tersebut Anda harus melakukan perawatan kulit secara rutin agar beragam masalah yang menimpa kulit jadi terminimalisir risikonya. Cara yang paling mudah yaitu mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur malam. Adapun cara lain bisa dilakukan dengan membuat masker alami dari minyak zaitun.

1. Masker alami minyak zaitun, oatmeals, dan pepaya

Masker alami wajah satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering, kusam, dan bersisik. Sebab kombinasi antara minyak zaitun, oatmeals, dan pepaya akan membuat kulitmu lebih lembab secara alami.

Cara membuatnya:
-     Siapkan 4 sendok makan minyak zaitu
-     ½ cangkir kecil oatmeals
-     cangkir halusan daging buah pepaya.


Campurkan semua bahan alami tadi sampai membentuk semacam pasta diusahakan jangan terlalu encer ataupun kental agar bisa dioleskan dengan mudah ke area wajah. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan masker secara merata sambil dipijat-pijat lembut selama kurang lebih 5 menit, kemudian diamkan selama 30 menit,bila sudah mengencang dan kaku bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.


2. Masker alami minyak zaitun, buah alpukat, dan madu


Buah alpukat terkenal mampu menjaga kekencangan kullit wajah dan menutrisi dari dalam. sedangkan madu mengandung senyawa antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mengatasi radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit. Kombinasikan bahan-bahan tersebut dengan minyak zaitun agar hasilnya semakin maksimal.

Cara membuatnya:  

- siapkan minyak zaitun
- daging buah alpukat
- madu secukupnya

campurkan alpukat dan madu sampai merata sampai membentuk sebuah pasta/krim. Sebelu menggunakan campuran tersebut oleskan terlebih dahulu minyak zaitun keseluruh bagian wajah kamu. Setelah merata, baru kemudian oleskan kembali dengan masker yang telah dibuat. Diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air bersih.


3. Masker alami minyak zaitun, yoghurt, dan ampas kopi


Masker alami satu ini sangatlah berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, pengelupasan kulit, dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara membuatnya :

-  Siapkan 5 sdm minyak zaitun
-  2 sdm yoghurt tawar, dan bubuk kopi secukupnya saja.

Campurkan semua bahan sampai membentuk adonan mirip pasta. Apabila kurang encer silahkan tambahkan lagi bubuk kopinya. Setelah selesai mandi oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan secara melingkar selama 10 menit dan diamkan kurang lebih 30 menit kemudian cuci dengan air bersih


4. Masker alami minyak zaitun, lemon, dan beras


Memutihkan kulit dengan cepat tidak perlu memerlukan perawatan kecantikan mahal. Dijamin dengan kamu menggunakan masker alami wajah satu ini kulitmu akan nampak lebih putih dan cerah secara alami.

Cara membuatnya:

- Siapkan 5 sendok makan minyak zaitu
- 2 sendok makanan lemon
- 3 genggam beras (merek apapun).
- Beras terlebih dahulu direndam semalaman, kemudian tumbuk dan jemur di bawah terik matahari sampai kering dan berubah menjadi tepung beras.

campurkan tepung beras tersebut kemudian  dengan air lemon dan minyak zaitun. Pastikan campuran yang dibuat membentuk adonan pasta/krim. Bersihkan wajah dengan sabun khusus muka dan air hangat untuk membuka pori-pori kemudian oleskan masker  secara merata keseluruh wajah, diamkan selama 30-40 menit setelah itu bersihkan dengan air dingin.

5. Membuat masker alami zaitun, tomat, dan air mawar


Minyak olive oil atau zaitun sering digunakan oleh Ratu Mesir bersama air mawar untuk merawat kulitnya.

Cara membuatnya:

Siapkan rendaman bunga Mawar merah yang sudah direndam selama 1 malam. Setelah itu campur air  secukupnya dengan minyak zaitun dan halusan buah tomat. Usahakan campuran tidak terlalu encer/kalis. Sebelum menggunakan silahkan bersihkan wajah kamu dengan air hangat setelah itu oleskan masker merata keseluruh bagian wajah sambil dipijit lembut selama kurang                                 lebih 5 menit, setelah itu diamkan masker bekerja dan meresap selama 1 jam, kemudian bilas sampai  bersih 



Merawat Rambut

Kita bisa mengkombinasikan antara ekstrak buah zaitun dengan madu yang dipercaya para ahli kecantikan sebagai bahan herbal untuk merawat rambut dari berbagai macam kerusakan.


1.        Mengembangkan Rambut

Siapkan sebuah mangkuk kosong, masukkan dua butir telur yang sudah dipecah ke dalam mangkuk dan kocok dengan sendok. Tambahkan satu cangkir minyak zaitun pada mangkok tadi, diamkan selama 2 menit agar kalis. Setelah itu balurkan campuran bahan ini pada akar hingga ujung rambut. Diamkan 10 menit setelah itu keramas pakai shampo.

2.        Memanjangkan Rambut

Campur biji lemon dan lada yang sudah ditumbuk kedalam mangkuk, beri dua sendok makan minyak zaitun.  Basuh perlahan pada kulit kepala secara merata, diamkan 20 menit lamanya kemudian cuci menggunakan shampo.

3.        Merawat Kerusakan Rambut

Masuk minyak zaitun, kelopak bunga mawar atau ekstrak melati ke dalam botol. Tutup dan diamkan minimal 24 jam. Jika sudah, basahi rambut menggunakan air panas agar pori-pori sedikit terbuka. Oleskan campuran tadi pada kulit kepala, pijat beberapa saat barulah keramas.

Selamat mencoba...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar